Tips Pemasaran Digital Untuk Membuat Bisnis
Tips Pemasaran Digital Untuk Membuat Bisnis Kos Laris
LKetika Anda sudah berkomitmen membangun bisnis kos-kosan. Anda tentunya telah mempersiapkan semuanya, seperti lahan, perabotan dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang bisnis kosan. Satu hal fundamental lainnya yang penting banget namun kadang terlupakan oleh pemilik bisnis kos yaitu strategi pemasaran. Strategi pemasaran bertujuan untuk membuat bisnis kosanmu menemukan target pasarnya yang tepat dengan cara yang kreatif dan efisien dalam budget tentunya.
Beberapa waktu lalu, Koalakos bekerjasama dengan Perhimpunan Bisnis Kos Indonesia, mengadakan acara seminar bisnis kos-kosan dengan tema: Bisnis Kos di Era Digital. Topik yang dibahas adalah bagaimana cara memasarkan kos-kosan secara online. Banyak pelaku bisnis kos-kosan yang tertarik dengan topik ini dan pertanyaan-pertanyaan cukup menarik untuk didiskusikan. Nah, buat yang ketinggalan diskusinya, kami coba menuliskannya di artikel ini yah.
Sebagai pemilik bisnis kosan, pertama-tama Anda harus mendefinisikan target pasar dari bisnis kosanmu. Apakah pria saja yang boleh ngekos atau wanita saja atau bahkan terbuka untuk pria dan wanita. Dari sisi pekerjaan, apakah Anda terbuka untuk siapa saja atau hanya untuk mahasiswa saja atau untuk pekerja kantoran saja. Setelah Anda menentukan target market yang tepat barulah Anda bisa menentukan strategi pemasaranmu. Untuk artikel kali ini, kita ambil contoh jika target pasarnya adalah kalangan mahasiswa, baik laki-laki maupun perempuan. Mari kita lihat strategi apa yang bisa kita terapkan.
1. Daftarkan Kos Anda di Google My Business
Dulu, mungkin yang terpikir oleh kita untuk melalukan promosi secara masif adalah dengan media promosi konvensional seperti koran atau radio. Namun, dengan perkembangan teknologi internet, konsumsi media orang-orang mulai bergeser ke internet. Apalagi jika target pasar yang dituju adalah mahasiswa atau first jobber yang notabene adalah generasi milenial yang tech savvy (tak terlepaskan dari teknologi). Anda harus menentukan strategi pemasaran online dimana target pasarmu banyak berkecimpung. Salah satu yang paling mendasar bagaimana membuat informasi mengenai kosan anda mudah ditemukan di Internet. Bagaimana caranya? Anda pasti sudah familiar dengan Google.com? Google adalah situs pencari yang paling banyak digunakan orang di internet, tidak terkecuali di Indonesia. Lalu bagaimana caranya agar kosan Anda bisa ditemukan di Google Search? Google mempunyai platform Google My Business bagi Anda yang mempunyai bisnis atau usaha yang terkoneksi ke aplikasi Google Maps dan Google Search. Anda cukup mengisi profil kos selengkap mungkin agar informasi kosan bisa diakses melalui jaringan web Google. Tidak sulit menggunakan platform ini, cukup akses www.google.com/business dan daftarkan usahamu di sana. Tenang saja, ini gratis lho!
Contoh tampilan Kos-kosan yang telah terdaftar di Google My Business:
2. Mengiklankan Kosan di website Listing Kos-kosan
Anda bisa menggunakan website listing khusus untuk sewa kos-kosan seperti Mamikos, Infokos, Cari-Kos, dll, yang memiliki fokus dalam memasarkan kamar kosong kos-kosan. Situs-situs ini sudah menjadi referensi utama calon penghuni kosan ketika mencari kamar kosong melalui internet. Nah, oleh karena itu ini adalah salah satu strategi yang tepat untuk mengiklankan kosanmu.
3. Eksis di Media Sosial
Bukan mahasiswa namanya kalau nggak pernah menggunakan media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram sudah menjadi ‘makanan’ sehari-hari mereka. Sehingga, promosi di media sosial tentunya akan memberikan dampak yang besar. Kos-kosan Anda harus 'eksis' di media sosial. Contohnya di Instagram, Anda bisa promosi dengan mengiklankan bisnis kosmu dengan disesuaikan daerah sehingga orang-orang yang tinggal di daerah tersebut dapat langsung melihat promosimu. Lalu aktivitas apa yang bisa dilakukan di media sosial selain mempromosikan sendiri di akun social media kosan Anda? Ini adalah salah satu caranya:
Kerjasama dengan anak kos di Social Media mereka
Ini adalah strategi promosi yang dapat dikatakan membutuhkan sedikit kreativitas dan kerjasama dengan anak kos. Anak kosan sebenarnya adalah salah satu aset yang dapat anda gunakan sebagai strategi word of mouth atau istilah yang lagi trend sekarang adalah dibikin 'viral'. Apalagi mereka pasti cukup sering menggunakan social media.
Koalakos juga nggak mau kalah eksis di social media, hehe.
Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan adalah:
- Berikan spot foto yang ‘Instagrammable’ di Kosan Anda. Jika Anda mau sedikit kreatif, ciptakan salah satu sudut kosan yang bisa dijadikan background foto oleh anak kosan. Jika spot foto tersebut unik dan bagus, pasti anak kosan dengan senang hati post foto selfie mereka di spot tersebut. Tentunya jika itu terjadi, bisa jadi sarana promosi gratis kan?
- Berikan Insentif kepada anak kos. Anda dapat menjanjikan hadiah kepada anak kos yang dapat membantumu untuk mendapatkan calon penyewa kos, Berikanlah iming-iming yang menarik yang dapat membuat anak kos berlomba-lomba untuk melakukan hal tersebut. Seperti uang atau potongan biaya kos atau bisa juga dengan fasilitas kos lainnya.
--
Terimah kasih,Semoga Bermanfaat.