3 Cara Mengelola Kost dengan Bujet Minimal Beromzet Maksimal
Dalam satu dekade terakhir, berbagai model bisnis properti telah berkembang menjadi salah satu jenis usaha yang sangat digandrungi. Besarnya potensi keuntungan yang dapat diraih menjadikan popularitas bisnis ini kian meroket dari waktu ke waktu.
Salah satu jenis bisnis properti yang paling umum adalah bisnis rumah kost. Model bisnis ini sangat umum dijumpai di mana-mana karena mudah dijalankan dan praktis.
Karena mudah dijalankan, tidak heran jika bisnis rumah kost banyak dikelola oleh kalangan menengah. Hanya bermodalkan lahan dan properti yang memadai, banyak orang yang terjun dalam bisnis rumah kost secara serius meskipun tidak memiliki pengalaman dalam pengelolaan bisnis properti sebelumnya.
Bagi Anda yang hendak atau sedang menjalankan bisnis rumah kost dan tengah mengalami kesulitan dalam hal pengelolaan properti karena ketersediaan bujet yang terbatas, berikut adalah 3 cara mengelola kost dengan budget minimal yang tetap dapat menghasilkan omset maksimal:
- Melibatkan Penghuni Kost secara Aktif dalam Mengelola Properti
Bagi yang memiliki model properti kost berbentuk rumah, Anda dapat melibatkan penghuni kost dalam pengelolaan properti. Contohnya dengan menetapkan peraturan menjaga kebersihan di kamar mandi apabila menggunakan kamar mandi bersama. Cara ini membuat Anda lebih mudah dalam mengatur dan menjaga kebersihan fasilitas bersama.
Tak hanya itu, Anda juga dapat meminta penghuni kost untuk “patungan” dalam menyediakan beragam kebutuhan bersama seperti gas untuk masak di dapur, sabun cuci piring, atau pembersih lantai. Selain dapat meringankan beban Anda sebagai pemilik properti, hal ini juga dapat menciptakan kebersamaan antar penghuni kost sehingga suasana properti Anda menjadi lebih hidup dan nyaman ditinggali. Namun dalam hal ini hendaknya dibicarakan bersama dan disetujui semua penghunikost agar tidak terjadi peselisihan di kemudian hari.
- Menetapkan Kebijakan Sewa Kost Tahunan
Jika saat ini Anda masih menetapkan sewa kost bulanan, ada baiknya untuk mulai berpikir ulang mengenai kebijakan tersebut. Meski terasa menggiurkan karena dapat memperoleh omset setiap bulan, rentang waktu sewa yang sebentar juga menjadikan hunian kost Anda rentan mengalami pembengkakan biaya pengelolaan karena sulit untuk membuat target biaya operasional tahunan.
Oleh sebab itu, menetapkan kebijakan sewa kost tahunan merupakan opsi terbaik agar Anda dapat memulai perencanaan anggaran dalam jangka panjang serta memastikan pengelolaan properti kost dapat dilakukan berdasarkan jumlah penghuni yang pasti dan tidak berubah-ubah. Namun perlu diperhatikan aspek-aspek lainnya sebelum menetapkan kebijakan ini. Aspek yang perlu diperhatikan seperti kemampuan membayar penghuni kost, jangka waktu menghuni di wilayah tersebut, dan lain sebagainya.
- Memanfaatkan Jasa Pengelolaan Kost
Cara praktis untuk memaksimalkan omset bisnis kost Anda adalah dengan bekerjasama dengan jasa pengelolaan properti kost. Dengan jasa pengelolaan properti akan membantu Anda mulai dari pemasaran hingga pengelolaan kost. Sehingga Anda tidak perlu lagi pusing dan hanya tinggal menerima profit dari bisnis kost Anda. Memanfaatkan jasa pengelolaan properti kost seperti BLL Management merupakan pilihan paling mudah dan praktis untuk Anda yang tidak mempunyai waktu ataupun pengalaman dalam pengelolaan properti kost.
Selain menghemat banyak waktu dan tenaga, dengan menggunakan jasa manajemen kost, dapat memberikan Anda passive income secara rutin tanpa perlu diberatkan dengan berbagai macam masalah properti kost.
Anda juga tak perlu pusing soal penyediaan sumber daya manusia untuk mengelola properti Anda, karena BLL Management memiliki karyawan-karyawan terlatih yang cekatan, aandal, dan profesional dalam hal pengelolaan kost. Dengan kualitas pengelolaan yang baik.
Demikianlah 3 cara mengelola kost dengan bujet minimal beromset maksimal. Sebagai tambahan, karena memiliki pengaruh yang besar pada keberhasilan bisnis rumah kost, pengelolaan kost juga sebaiknya dibarengi dengan pengembangan properti seperti penambahan jumlah kamar atau penambahan kelengkapan fasilitas. Dengan penambahan tersebut, omset dapat terus bertambah dan penghuni kost menjadi betah berlama-lama tinggal di properti Anda.